Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

35 Wisata Garut Paling Populer Terbaru 2024


Buat kamu yang sudah ada niat mau liburan KaGarut, sudah adakah list wisata mana aja yang mau kamu kunjungi? Jika belum, maka kami akan memberikan daftar wisata garut populer serta wisata Garut terbaru yang bisa menjadi referensi buat kamu.

Garut adalah kota yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan yang indah dan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Saking banyaknya, gak mungkin juga kan untuk mengunjungi semua Wisata Garut dalam satu kunjungan saja.

Berikut beberapa destinasi wisata Garut populer dan terbaru yang akan kami sajikan secara lengkap berdasarkan kategori dan jenis wisatanya yaitu GURILAPS (Gunung, Rimba, Laut ,Pantai):


Wisata Alam Gunung Hutan Hiking Treking Camping Di Garut

Terkenal dengan sebutan Paguci (Papandayan Guntur Cikuray) Garut, memiliki 3 Gunung Popueler yang wajib kamu daki. Selain itu, buat kamu yang suka hiking dan camping ada banyak destinasi wisata alam lainnya yang bisa kamu kunjungi ketika liburan di Garut.

1. Gunung & Kawah Papandayan

Kawah Gunung Papandayan. google map. sumber: Cep Budhi Darma

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Garut, gunung ini memiliki pemandangan yang indah dan jalur pendakian yang menantang.

Meskipun tiketnya tergolong  mahal, namun Destinasi wisata merupakan salah satu tempat wisata paling populer dan yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Landskap pemandangan alammnya menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Alamat: MPPJ+5JX, Sirnajaya, Kec. Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44163

2. Gunung Guntur

Gunung Guntur. google map. sumber: Syamsul Rizal

Gunung Guntur adalah gunung api aktif yang memiliki ketinggian sekitar 2.249 meter di atas permukaan laut. Gunung Guntur memiliki daya tarik yang besar bagi para pendaki gunung dan pecinta alam. unung Guntur juga dikenal sebagai tempat untuk berburu sunrise dan sunset yang indah.

3. Gunung Cikuray

View Gunung Cikuray dari Buffalo Hill. google map. sumber: Jejak Mang Prirman

Gunung Cikuray adalah salah satu Gunung tertinggi di Garut dan Gunung teringgi ke 3 di Jawa Barat yang cukup populer dikalan para pendaki gunung. Dengan keindahan alam yang disajikan oleh Gunung Cikuray, para pendaki akan mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda dan menyenangkan.

4. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Boda Garut. google map. sumber: Kopi Hideung (Abah)


Kawah Talaga Bodas ini merupakan kawah vulkanik yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi di sekitar area tersebut.Kawah Talaga Bodas memiliki keindahan yang sangat memukau dan menarik. Terdapat danau yang berada di tengah kawah yang memiliki air berwarna hijau kebiruan, yang diakibatkan oleh kandungan belerang yang tinggi.

5. Gunung Sagara

View Talaga Bodas dari puncak Gunung Sagara. google map. sumber: Ainun Wastu Alif


Gunung Sagara merupakan gunung yantg termasuk kedalam kawasan Gunun Galunggung dan kawasan Kawah Talaga Bodas.Pesona alam Gunung Sagara sangat populer di kalangan pendaki. Dari puncak Gunung Sagara kamu bisa melihat Pemandangan kawah Talaga Bodas.

4. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang. google map. sumber: DBastian


Kawah Kamojang adalah sebuah kawasan wisata alam yang terbentuk dari letusan gunung berapi dan aktifitas geologi lainnya. Kamojang menawarkan pemandangan alam berupa aliran air panas, kolam lumpur, dan asap yang keluar dari celah-celah batuan. Selain itu, Kawah Kamojang juga menjadi tempat penghasil energi geothermal. Pengunjung dapat menikmati keindahan alamnya dengan melakukan trekking atau berjalan-jalan.

5. Karacak Valley

Karacak Valley. google map. sumber: Dodi Apryanto


Karacak Valley adalah sebuah lokasi perkemahan yang berada di Gunung Karacak yang menawarkan pemandangan indah berupa perbukitan,sungai serta hutan pinus. Di sini, pengunjung dapat berkemah, hiking menikmati udara segar, keheningan, dan pemandangan sunset yang indah. Karacak Valley merupakan destinasi wisata yang cocok bagi para wisatawan yang ingin melepas penat dan menikmati keindahan alam yang masih asri dan alami

6. Camping Groud Situ Cibereum

Situ Cibeureum. google maps. sumber: Sidik Triadi


Situ Cibereum Samarang Garut adalah sebuah danau  memiliki pemandangan yang indah. Selain menikmati keindahan danau, pengunjung juga dapat melakukan beberapa aktivitas seperti camping, hiking, memancing, berenang, atau berjalan-jalan di sekitar danau.

7. Buffalo Hill Garut

Buffalo Hill. google map. sumber: Bimo Handoko

Buffalo Hill atau Tegal Munding adalah sebuah lembah yang menawarkan pemandangan indah berupa bukit-bukit hijau yang menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Dari puncak bukit, pengunjung dapat melihat panorama Gunung cikuray dan sekitarnya.

8. Papandayan Camping Ground



Papandayan Camping Ground adalah sebuah tempat camping yang terletak di kaki Gunung Papandayan.  Tempat ini menawarkan pengalaman berkemah di alam terbuka dengan pemandangan alam. Disini juga terdapat banyak spoy foto yang instagramable.

9. Papandyan Leisure Park

Papandyan Leisure Park menawarkan beragam wahana dan aktivitas rekreasi yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Beberapa wahana yang tersedia di Papandayan Leisure Park antara lain flying fox, taman bunga, paintball, area permainan anak-anak, dan masih banyak lagi.

10. Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark. google map. sumber: Ferra Sri Aryani


Kamojang Eco Park adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan pengalaman wisata alam yang berbeda, dengan berbagai jenis aktivitas yang bisa dilakukan, seperti hiking, camping, zipline, off-road track, flying fox, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri dan hijau.

11. Kolong Langit Coffee Camp



Kolong Langit Coffee Camp merupakan tempat wisata alam bernuansa tanaman pohon pinus dengan suasana alam yang asri dengan udara segar. Selain menikmati kopi, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas camping dan hiking di sekitar tempat ini.

Selain wisata alam yang telah disebutkan diatas, masih banyak wisata alam lainnya yang menarik untuk di kunjungi seperti, Danau Ciharus, Kawah Darajat, Air terjun atau curug juga banyak, Khusus curug akan kami list dibawah ya di kategori Curug yang ada di Garut.

Komplek Wisata Cipanas Garut Terupdate

Cipanas Garut merupakan sebuah kawasan wisata yang terkenal dengan sumber air panas alami yang berasal dari gunung berapi aktif yaitu Gunung Gunrtur.

Daya tarik utama dari wisata Cipanas Garut adalah pemandian air panas alami. Terdapat beberapa tempat kolam renang dan pemandian air panas serta hote yang bisa dikunjungi seperti berikut ini:

12. Danau Dariza Hotel & Resort


Danau Dariza Hotel & Resort merupakan penginapan yang berada di kawasan objek wisata pemandian air panas Cipanas Garut. Selain hotel, Kolam renangnya juga di buka untuk umum. 

13. Taman Air Sabda Alam

Taman Air Sabda Alam. google mpa. sumber: Rizky Kaniawan Saputra

Sama seperti Danau Dariza, Sabda Alam juga merupakan sebuah hotel. Lokasinya berhadapan langsung dengan Danau Dariza. Ada taman air panas dan air dingin yang cukup luas dinsini dengan berbagai wahana air yang lengkap.

14. Kampung Sumber Alam Garut

Kolam Renang Kampung Sumber Alam. google map. sumber: Achmad Sandy Bukhari

Sebuah hotel dan Resort bernuansakan rumah tradisonal yang nyaman dengan  view Gunung Guntur. Kolam renangnya juga di buka untuk umum.
Selain itu masih banyak kolam renang yang bisa kamu kunjungi di kawasan cipanas ini seperti: Surya Ala, Tirta Kencana, Tirta Alam, Cahaya Villa, Lembur Kuring, Cipanas Indah, Antralina, dan masih banyak yang lainnya.

15. Tirta Gangga


Kolam Renang Tirta Gangga. sumber. Agoda

Kolam renang di Tirta Gangga Cipanas Garut dilengkapi dengan beberapa wahana seperti seluncuran air, kolam anak, serta area bermain air untuk anak-anak. Selain itu, terdapat juga beberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana di sekitar kolam renang.

16. Tirta Kencana

Kolam Renang Trita Kencana

Tirta kencana merupakan sebuah hotek yang berada dikawsan tempat wisata Cipanas. Kolam Renang Tirta Kencana juga di buka untuk umum dengan dilengkapi berbagai wahana seperti ember tumpah, waterboom dan wahan air lainnya.

17. Cahaya Villa Garut

Kolam Renang Cahaya Villa

Cahaya Villa merupakan sebuah hotel bintang 3 Yang menyediakan hotel dengan konsep modern. Cahaya Villa juga menyediakan fasilitas kolam renang untuk para tamu hotel. Ada dua kolam renang yaitu kolam untuk anak-anak yang Dilengkapi dengan fasilitas ember tumpah berukuran besar serta Mini waterboom  dan kolam khusus untuk orang dewasa.

18. Surya Alam Cipanas

Kolam Renang Surya Alam

Kolam Renang Surya Alam Cipanas Garut adalah salah satu tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Kolam renang Surya Alam merupakan kolam renang yang sering dijadikan tempat liburan oleh wisatawan lokal.

19. Cipanas Indah



Kolam Renang Cipanas Indah merupakan kolam renang yang bersih, menyenangkan dan menenangkan yang cocok dikunjungi oleh keluarga, pasangan maupun teman-teman. Tiketnya murah dan dilengkapi berbagai fasilitas dan wahan air yang menarik.

Tempat wisata di Cipanas Garut sebenarnya masih banyak. yang sudah disebutkan diatas adalah beberapa tempat wisata yang paling populer dan paling banyak dikunjungi wisatawan.

Komplek Wisata Darajat Garut Terkini

Kawasan Darjat merupakan komplek wisata taman air panas serta hotel. Disini ada beberapa objek wisata yang wajib dikunjungi selama liburan di garut.  Lokasinya Terletak di kawasan dataran tinggi dan pegunungan, Darajat menyajikan pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk dan segar.

20. Darajat Pass

Disini kamu bisa berenang di kolam renang air panas alami. Tidak hanya itu, wisata Darajat juga memiliki berbagai fasilitas penginapan yang nyaman seperti hotel dan villa. Pengunjung bisa memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

21. Puncak Darajat Pass


Puncak Darajat Pass merupakan Kolam renang berkonsep taman air yang  sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti waterbom,  ember tumpah raksasa,  area bermain anak, outbound dan masih banyak yang lainnya.

22. Awit Sinar Alam Darajat


Awit Sinar Alam Garut merupakan tempat wisata taman air panas dan hotel di Kawasan Darjat. Banyak spot foto dan kolam renang yang dilengkapi wahana air yang bisa gunakan para pengunjung.

Masih ada lagi beberapa wisata lainnya yang ada di kawsan Komplek Wisata Darajat. yang disebutkan diatas adalah beberpa wisata darajat yang paling populer.

Wisata Pantai Selatan Garut Terbaru Yang Indah

Garut juga terkenal sebagi kota yang memiliki wisata pantai yang indah. Khusunya di wilayah Garut Seltan (Garsel) Banyak surga yang tersembunyi di sini. Suasana pantai yang alami akn kamu temui di beberpa pantai yang ada di sekitar Pameungpeuk dan Bungbulang ini.

23. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang. google map. sumber: 

Pantai Sayang Heulang adalah pantai yang enawarkan pemandangan indah dengan suasana bebatuan karang di tepi pantai. Sekarang terdapat banyak spot foto selain pantai. Fasilitasnya juga semakin lengkap dengan adanya wahana kolam renang air dingin.

24. Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo. pintersest sumber: Muhamad Dalil Haidar

Pantai Santolo adalah pantai yang menawarkan keindahan panorama pantai dengan pasir putih yang lembut, air laut yang biru jernih dan ombak yang besar, sehingga cocok untukberenang dan bermain air, Pantai Santolo menjadi salah satu destinasi wisata populer di Garut dan menjadi salah satu pantai favorit para pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan indah.

25. Pantai Taman Manaulusu

Pantai Taman Manalusu. google map. sumber: Wahyudin

Pantai Taman Manalusu merupakan pantai yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih dan biru. Terletak di daerah perbukitan yang hijau, pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari dataran tinggi yang menjulang tinggi di sekitarnya.

26. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha. google map. sumber: Muhamd Ery Wahyudi

Pantai ini memiliki keunikan karena adanya gua yang terletak di sisi barat pantai, yang dapat diakses melalui jalur pendakian. Selain keunikan guanya, Pantai Puncak Guha juga menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai ini masih tergolong sepi sehingga cocok untuk dijadikan tempat untuk bersantai atau berenang.

27. Pantai Rancabuaya


Pantai Rancabuaya. google map. sumber: Indra Susandi

Pantai Rancabuaya memiliki Kkeunikan yaitu adanya tebing karang di sisi pantai, yang menjadi spot foto yang populer di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga menawarkan ombak yang cukup besar,dan pasir putih.

Sebenarnya masih banyak lagi pantai yang lainnya seperti pantai: Karang Papak, PantaiCicalobak, PantaiCijeruk Indah, PantaiGunung Geder, Pantai Cidora, PantaiKarang Panje. Informasi lengkap seputar pantai selatan Garut mungkin akan kami buatkan secara terpisah.

Wisata Curug Air Terjun di Garut Paling Hits

Landskap Kota Garut yang terdiri dari banyak gunung dan hutan membuat kota ini memiliki banyak air terjun. Banyak Curug yang dijadikan tempat wisata dan tentunya curug-curug tersebut banyak dikunjungi wisatawan.

28. Curug Orok Garut


Curug Orok adalah sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh hutan tropis yang masih alami. Di sekitar air terjun terdapat kolam alami dengan air yang jernih dan segar, yang cocok untuk berenang atau bermain air.

29. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje. google map. sumber: Boy Fami Tarigan

Curug Sangyang Taraje adalah curug yang tinggi yang menjadi destinasi wisata ala.  Di sekitar air terjun terdapat kolam alami yang cukup luas dengan air yang jernih dan segar, yang cocok untuk berenang atau bermain air. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar yang masih alami dan menenangkan.

30. Curug Jagapati

Curug Jagapati. google map. sumber: Rain Shinkarov


Curug Jagapati merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok bagi pecinta alam dan trekking di Garut. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan terletak di tengah hutan yang masih alami.

31. Curug Cihanyawar

Curug Cihanyawar

Curug Cihanyawar adalah tempat yang menawarkan keindahan air terjun dengan aliran air yang sejuk yang mengalir deras di antara pepohonan hijau yang masih asri. Lokasinya mudah di jangkau dengan kendaraan roda dua.

Nah itulah beberapa wisata curug yang ada di garut yang bisa menjadi referensi buat kamu yang ingin berwisata ke air terjun. Masih banyak wisata curug di Garut lainnya yang bisa kamu kunjungi. untuk lebih lengkapnya , nanti kami buatkan artikel tentang curug di garut di postingan berikutnya.

Wisata Garut Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Dibawah ini merupakan beberapa Wisata Garut yang paling banyak di kunjungi wisatawan lokal maun wisatawan dari luar Garut. Tempat wisata ini bisa dibilang tempat wisata dengan akses transportasi yang baik sehingga mudah untuk dikunjungi.

32. Situ Bagendit


Situ Bagendit adalah sebuah danau yang terletak di kawasan objek wisata Kecamatan Banyuresmi. Danau yang memiliki cerita legenda Nyi Endit ini cukup terkenal dikalangan masyarakat Garut. 

Kamu bisa beralan-alan atau bersanati disekitar situ sambil menikmatai lingkungan alam sekitar, menaiki sepeda air atau rakit.

33. Situ & Candi Cangkuang


34. Garut Dinoland

Garut Dinoland. google map. sumber: Dea Rafi Tandayu

Wisata ini menawarkan pengalaman bermain dan belajar bagi anak-anak dan keluarga yang berkunjung. Di Garut Dinoland, pengunjung dapat melihat replika berbagai jenis dinosaurus yang hidup pada masa prasejarah. Ada sekitar 40 replika dinosaurus yang dihadirkan dengan ukuran yang berbeda-beda, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

35. Antapura De Djati

Antapura De Djati. google map. sumber: D P

Antapura De Djati merupakan Tempat wisata yang lagi happening di kota garut. Konsep kekiniaan ala ubud bali tapi tidak meninggalkan suasana di pedesaan dan sawah.

Buat kamu yang suka dengan wisata sejarah, kamu bisa mengunjungi Candi Cangkuang yang merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda. Selain itu disini juga kamu bisa menikmati suasana alam situ cangkuang dan mengunjungi rumah adat Kampung Pulo Cangkuang.

Itulah beberapa destinasi wisata populer di Garut. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan kuliner khasnya seperti Dodoli, burayot, borondong. Bagi Anda yang mencari destinasi wisata alam yang menarik, Garut adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Post a Comment for "35 Wisata Garut Paling Populer Terbaru 2024"