Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

15 Curug di Garut Paling Populer Terbaru 2024

Buat kamu yang suka banget healing ke tempat dengan suasana alam terbuka, misalnya saja suka dengan suasana Air Terjun. Hei, mending kamu KaGarut! Karena di Garut banyak sekali Curug indah yang masih alami untuk kamu kunjungi.

Garut adalah kota kecil di Jawa Barat yang di kelilingi banyak gunung. Yang paling terkenal yaitu Gunung Papandayan, Gunung Guntur dan Gunung Cikuray. Kondisi alam garut yang yang berbukit maka tak heran jika kota ini di juluki Swissnya Jawa. Hal ini pula yang membuat kota ini memiliki banyak curug.

Jika memilih untuk pergi ke curug, namun bingung mau pergi ke curug mana, maka dibawah ini kami berikan informasi seputar curug yang ada di Garut biar kamu ada referensi sebelum datang langsung ke lokasi.


1. Curug Orok

Curug Orok ketika airnya jernih

Curug Orok merupakan salah satu destinasi wisata alam Garut yang paling populer. Memiliki ketinggian sekitar 15, curug ini terbilang masih alamin dengan aliran air yang lumayan jernih ketika tidak hujan atau pada saat musim kemarau. Akses jalan ke lokasi sudah cukup baik sehingga mudah dijangkau wisatawan.

2. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sangyang Taraje dilihat dari kejahuan. google map. sumber: Boy Fami Tarigan

Curug Sanghyang Taraje dulunya merupaka salah satu curug yang tersembunyi. Namun kini sudah dikelola dengan baik sehingga curug ini menjadi populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Air terjunnya tinggi banget dan bisa disebut dengan air terjun tertinggi di Garut. Udaranya sangat sejuk karena curug ini berada pada ketinggian 660 mdpl. 

3. Curug Cihanyawar

Spot foto terbaik di Curug Cihanyawar

Curug Cihanyawar adalah curug yang berada di kawasan perkebunan teh di kaki Gunung Cikuray. Sudah dikelola lumayan baik dan suasananya masih cukup alami. Curugnya tidak terlalu tinggi dan debit aliran airnya tidak terlalu deras sehingga masih aman untuk anak-anak.

4. Curug Cisarua (Cilawu)

Curug Cisarua Cilawu. google map. sumber: Gustian Ajiputra

Curug Cisarua Cilawu adalah curug lainnya yang ada di kawasan Gunung Cikuray. Curug ini kondisinya masih sangat alami karena curug ini memang belum begitu terkenal. Selain itu aksesnya jalannya berupa jalan setapak sehingga kamu wajib treking karena lokasinya berada di ketinggian 1.400 mdpl.

5. Curug Aden (Cilawu)

Curug Aden Raden. google map. sumber: Mang Apih

Curug Aden Raden adalah curug yang berada di kawasan Gunung Cikuray, lokasinya berada dibawah Curug Cisarua Cilawu. Dari Curug Cisarua kita harus kebawah berjalan kaki sekitar 10 menit. Treknya masi cukup sulit karena belum dikelola dengan baik, namun kondisinya masih sangat alami.

6. Curug Abeh (Cilawu)

Curug Abeh Cilawu. google map. sumber: Ash Harj

Curug Abeh adalah curug kecil yang sama dengan curug Aden Raden. Lokasinya juga masih sama yaitu berada dikawasn Gunung Cikuray. Curugnya belum populer sehingga kondisinya masih alami. Akses jalannya masih susah.

7. Curug Cigandi

Curug Cigandi. google map. sumber: Usep Rusmawan

Curug Cingandi berlokasi di Bayongbong dan berada di kawasan Gunung Cikuray. Curugnya cukup tinggi namun aliran airnya kecil. Belum populer dan belum dikelola secara baik. Saran jika mau kesini pas musim hujan, karena pada musim kemaru aliran airnya kecil banget.

8. Curug Citiis


Curug citiis adalah curug yang berada dikawasan Gunung Guntur. Dulunya curug ini sangat populer, sekarang kalah populer dengan air terjun lainnya. Kondisi curugnya agak kurang terwat namun masih cukup layak untuk dikunjungi.

9. Curug Cibuni Racun

Curug Cibuni Racun. google map. sumber:Nandang Sutisna

Curug Cibuni Racun adalah curug yang ada di Leles. Curug ini masih satu kawasan dengan kaki Gunung Guntur. Air terjunnya belum dikelola secara baik. Masih alami namun trek jalurnya agak sulit untuk dilalui.

10. Curug Ciharus Dano Leles

Curug Ciharus Dano. google map. sumber: Fitra Ramdani

Curug Ciharus Dano adalah curug yang ada di Desa Dano Leles Garut. Airnya berasal dari Gunung Gede dan masih satu kawasan dengan Gunung Guntur. Curugnya cukup tinggi airnya tidak begitu besar dan masih belum dikelola dengan baik. Trek jalurnya cukup jauh dan agak sulit dilalui.

11. Curug Teko Papandayan

Curug Teko Papandayan. sumber: pagguci.com

Curug Teko adalah curug yang berada di kawasan Gunung Papandayan. Lokasi agak tersembunyi. Aliran airnya kecil menyerupai air yang tertuang dari sebuah teko. Hanya bisa melihat dari kejauhan karena untuk bisa tepat berada di bawah curug cukup suli.

12. Curug Kancil Cibatu

Curug Kancil Cibatu. google map. sumber: Nabila Hikmatun Nazilah

Curug Kancil adalah curug yang ada di Cibatu. Tingginya sekitar 20 meter. Belum  dikelola secara baik. Kondisinya cukup alami, treknya tidak terlalu sulit sehingga bisa dijangkau oleh anak kecil juga.

13. Curug Ngebul Citilu

Curug Ngebul Citilu. google map.

Curug Ngebul adalah curug yang belum populer karena memang lokasinya tersembunyi dibalik hutan di belakang Kampung Citilu. Airnya cukup jernih, kondisi  alamnya masih alami namun belum dikelola secara baik.

14. Curug Cibadak

Curug Cibadak. google map. sumber: Adrasa ID

Curug Cibadak adalah curug yang ada Dicisangkal Cihurip. Tinnginya sekitar 100 meteran membuat landskap pemandangan yang indah. Kondisinya masih alami namun untuk bisa sampai ke curug ini butuh perjuangan extra karena jalur treknya lumayan menantang.


15. Curug Jagapati


Curug Jagapati adalah salah satu air terjun terindah yang ada di Garut.  Kondisinya masih sangat alami, udara sejuk tanpa polusi, airnya jernih dan menyegarkan Di air terjunnya kita bisa berenang dibagian paling bawah. Kalau ada keberanian kita juga bisa manjat ke bagian trap air terjun yang keduanya.

Post a Comment for "15 Curug di Garut Paling Populer Terbaru 2024"