Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal Sejarah Jaket Kulit & Jaket Kulit Garut



Halo everyone, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang sejarah jaket kulit. kenapa saya membahasnya? karena ini akan berkaitan dengan jaket kulit Garut. Oke langsung saja ya!

Bagi kamu, Sejarah jaket kulit mungkin kurang begitu penting namun bagi kamu yang suka banget dengan jaket kulit tidak ada salahnya dong mengetahui sejarah jaket kulit?

sebenarnya, kapan sejak kapan dan oleh siapa sih pertamakali jaket kulit ini dipopulerkan?

Setidaknya sekilas info ini kiranya bisa kamu ketahui sebagai penambah wawasan dasar pengenalan tentang pakaian yang kini telah menjadi fashion dan style bagi kaum pria ataupun wanita.

Tahu gak? ternyata sejarahnya tuh begini. 

Dahulu kala penggunaan jaket kulit digunakan oleh para pilot dan anggota militer sebagai pakaian pelindung dan penghangat tubuh supaya terhindar dari suhu dingin. Penggunaan jaket kulit  itu sendiri dimualai pada awal tahun 1900-an.

Tepatnya pada tahun 1930-an jaket kulit pertama kali digunakan oleh seorang penerbang saat perang dunia kedua dengan sebutan flight leather jacket

Jaket yang seringkali digunakan oleh para pilot ini lebih dikenal dengan sebutan 'jaket bomber' terutama saat berlangsungnya perang dunia kedua.

Pada masanya pembuatan jaket kulit ini lebih sering menggunakan kulit domba lengkap beserta bulu yang masih utuh pada bagian dalam demi menambah kehangatan. Jaket kulit lebih populer lagi ketika dijadikan sebagai pakaian seragam oleh beberapa angkatan militer dunia. 

Ternyata kegunaan dasar jaket kulit dulu ialah sebagai pelindung tubuh dari cuaca dingin berbeda halnya sekarang masyarakat lebih memilih untuk memakai jaket kulit sebagai fashion dan style.


Berbicara mengenai jaket kulit, tentu identik dengan Kota Garut. Bagaimana tidak, Garut terkenal  dengan jaket kulitnya. Tak heran jika banyak orang yang membeli jaket kulit asli yaitu dari Garut Jawa Barat.

Bisa kamu cek diberbagai ecomerce, banyak toko yang menjual jaket kulit secara online. Harganya juga bervariatif dengan berbagai model yang beragam.

Ada satu tempat di Garut yang ikonik banget. Namanya Sukaregang! Nah Sukaregang itu terkenal banget dengan produk-proudk fashion yang terbuat dari kulit asli.

Tidak hanya jaket kulit, di Sukaregang juga ada berbagai macam produk lainnya seperti tas kulit, dompet kulit, sabuk kulit, clutch kulit asli, sarung tangan kulit dan masih banyak yang lainnya.

Bentuk Jaket Kulit

Pada umumnya jaket kulit memiliki beberapa bentuk dasar yaitu sebagai berikut:

  • Bagian depan jaket kulit memiliki sebuah alat mulai dari leher hingga ke bawah berupa kancing dan ritsleting yang berfungsi untuk menutup dan membuka, terkadang juga memiliki sabuk sebagai tambahan aksesoris
  • Bagian belakang tampak terlihat polos hanya ditutupi oleh bagian kulit
  • Bagian leher memiliki kerah dengan beragai bentuk seperti pendek, panjang bahkan ada juga yang hingga menutupi seluruh bagian leher
  • Bagian lengan memiliki ukuran bervariasi ada yang pendek, panjang hingga pergelangan tangan
  • Panjang badan juga bervariasi hingga ke bagian pinggan atau pinggul

Bahan Dasar Jaket Kulit

Bahan dasar jaket kulit atau raw material semuanya berasal dari kulit binatang yang telah dikeringkan serta diproses sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah jaket. Bahan dasar jaket kulit yang sudah sangat populer adalah jenis kulit domba, sebagian jaket juga menggunakan jenis kulit sapi, kulit kerbau, kulit unta bahkan ada juga yang terbuat dari kulit babi. 

Semua jenis kulit ini tentunya tidak langsung digunakan untuk membuat jaket namun memiliki beberapa tahapan dan proses yang cukup panjang seperti proses pencucian, pengeringan dan pengobatan.

Jenis Jaket Kulit

Secara mendasar jaket kulit memiliki tiga jenis bagi user pengguna yaitu sebagai berikut

  • Jaket Kasual yaitu jaket yang lebih sering digunakan banyak orang sebagai style dan fashion dengan berbagai design/bentuk yang terus berkembang dari masa ke masa
  • Jaket Kulit Biker yaitu jaket yang banyak digunakan oleh pengendara motor 
  • Jaket Kulit Bomber atau jaket kulit penerbang yang sering digunakan oleh para pilot 

Adapun perihal warna dasar jaket kulit adalah warna hitam dan warna coklat sebagai warna standard. Demikian sekelumit informasi tentang sejarah dan bahan dasar jaket kulit.

Post a Comment for "Mengenal Sejarah Jaket Kulit & Jaket Kulit Garut"