Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Proses Pembuatan Tas Kulit Asli Garut yang Dikerjakan Manual

Tas kulit merupakan sebuah tas yang terbuat dari bahan kulit hewan seperti kulit sapi dan kulit domba. Tas kulit memiliki daya tahan yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan tas dari bahan lain. Tas dari bahan kulit juga memiliki daya tarik tersendiri, model-modelnya juga keren elegan dan cantik sehingga bisa membuat seseorang yang menggunakannya terlihat mewah.


Di Garut ada sebuah kawasan jalan bernama Sukaregang yang terkenal sebagai pusat penjualan kerajinan kulit termasuk tas kulit wanita dan pria. Di sepanjang jalan tersebut terdapat puluhan toko yang menjual kerajinan kulit. Toko-toko tersebut terlihat menghiasi kanan-kiri jalan. Di etalase toko-toko tersebut terpajang tas-tas kulit dengan model yang cantik. Dibalik tas tas cantik yang terpajang untuk dijual tersebut ada proses panjang dalam pembuatannya.

Mungkin kebanyakan orang akan berpikir bahwa-tas-tas yang dijual di kebanyakan toko di Garut merupakan hasil produksi pabrik dengan brand besar pula. Namun kenyataannya anggapan tersebut adalah salah. Saat ini di Garut belum brand besar yang dibuat di pabrik dengan karyawan terlatih. Pada kenyataannya tas -tas kulit yang cantik tersebut dibuat secara manual dengan peralatan dan mesin sederhana pula.

Ya tas kulit Garut dibuat secara manual oleh tangan terampil para pengrajin yang sudah berpengalaman puluhan tahun. Meski dikerjakan secara tradisional, tas yang dihasilkan oleh para pengrajin tas kulit ini kualitasnya benar -benar terjamin dan tidak kalah dengan tas import. Mereka cukup detail dan teliti selam proses pengerjaan, seperti pemilihan bahan yang digunakan, bahan penunjang lainnya. Penjahitan dilakukan menggunakan mesin jahit jadul, namun kualitas jahitannya juga cukup bagus dan rapi.

Para pengrajin kulit tersebut tersebar di beberapa wilayah Garut. Mereka biasa mengerjakan pesanan tas kulit yang dipesan langsung oleh pemilik toko yang jualan di sekitar jalan Sukaregang. Tidak sedikit dari mereka juga ada yang menerima pesanan langsung dari luar daerah Garut. Jika Anda ingin memesan tas kulit skala besar/partaian, salah satu pengrajin tas kulit garut yang biasa menerima pesanan partaian, Anda bisa memesannya di Jayuwan Leather.

Post a Comment for "Proses Pembuatan Tas Kulit Asli Garut yang Dikerjakan Manual"