Widget HTML Atas

Cara Mempercepat Loading Blog Hingga 100% Dijamin Ampuh

Cara mempercepat loading blog - blog dengan desain tampilan yang bagus dam menarik itu adalah dambaan semua blogger termasuk saya namun perlu di ingat di balik tamplate yang bagus dan memiliki banyak fitur juga memiliki kelemahan di bagian loading blog tersebut. Saat buka blog kalian, kalian akan terasa bedanya blog yang menggunakan tamplate yang minim fitur dengan tamplate yang memiliki banyak fitur.

Cara Mempercepat Loading Blog Hingga 100% Dijamin Ampuh

Tamplate blog yang memiliki fitur yang banyak akan terasa lambat saat di buka sedangkan tamplate blog yang minim fitur akan lebih cepat saat di buka.

Lantas apa keuntungannya mempunyai blog yang fast loading ?

Banyak keuntungan memiliki blog yang memiliki loading cepat yaitu :

  • Mengurangi bonce rate.
  • Membuat pengunjung nyaman. 
  • Tidak khawatir untuk pasang iklan.
  • Berpangruh pada SEO blog.


Pasti kalian pernah mengalami mencari sesuatu di website dan kalian merasakan lelet pada website tersebut membuat kalian kesal dan tidak mau masuk ke website tersebut, nah itulah kekurangan mempunyai blog yang lelet.

Terus yang bikin lelet itu apa ?

Ada beberapa hal yang membuat tamplate blog menjadi lelet yaitu :

1. Penggunaan widget yang berlebihan.
Penggunaan widegt sangat berpengaruh pada loading blog sebab widget adalah suatu kumpulan javascript yang di pasang pada bagian sidebar maupun footer yang memberatkan kinerja blog tersebut.

2. Size gambar yang terlalu besar.
Pemberian gambar pada postingan memang sangat di anjurkan agar si pembaca tidak bosan namun apabila gambar yang di posting memiliki resolusi dan size tinggi maka gambar tersebut akan mempengaruhi loading blog.

3. CSS yang menumpuk.
Banyak para designer tamplate yang teledor mengenai hal ini, mereka lupa untuk memberihkan script CSS yang tidak terpakai sehingga loading blog lambat.

4. Penggunaan javascript yang berlebihan.
Point keempat ini persis dengan yang saya katakan di awal bahwa tamplate yang memiliki fitur yang banyak biasanya menggunakan javascript yang banyak juga, maka dari itu tamplate yang miliki banyak fitu terasa berat saat di pasang di blog.

5. Terdapat script bawaan blog.
Kelima ini mungkin jarang blog lain membahas tentang ini karena masalah ini Barus saja di temukan oleh para ahli coding yang memecahkan masalah tentang loading blog yang lambat.

Mungkin masalah loading blog yang lambat kalian ada sangkut pautnya dengan 4 point tadi, maka saya akan memberikan solusi mempercepat loading blog kalian hingga 100%.

Cara Mempercepat Loading Blog Hingga 100%.

Di sini saya akan memberikan 5 point yang akan saya jelaskan, karena menurut saya penyebab loading blog lambat hanya itu.

1. Menghapus Widget Yang Tidak Di Gunakan.
Untuk cara mempercepat loading blog kuta harus menggapus sebagian widget yang menurut kita tidak terpakai. Mengapa bisa begitu ? Sebab penggunaan widget yang terlalu banyak akan memperlambat loading blog kita.

Terus apa saja yang harus di hapus ?

Kalau kalian menanyakan hal tersebut saya hanya bisa menjawab sedikit karena selera orang berbeda - beda. Kalian hapus widget yang sekiranya tidak ada gunannya seperti :
  • Recent post
  • Recent comment
  • Button share
  • Arsip
  • Search engine


2. Mengcompress ukuran gambar.
Pada postingan sebelumnya saya menyarakankan kalian membuat artikel dengan menyertakan gambar, namun saya tidak menyarankan kalian membuat artikel dengan menyertakan gambar yang berukuran besar sebab penggunaan gambar pada artikel yang berukuran besar akan memperlambat loading blog.

Untuk masalah mengatasi loading blog yang di sebabkan size gambar saya sarankan untui mengcompress gambar kalain sekecil kecilnya. Ukuran size gambar yang di sarankan oleh google yaitu 10 - 30 kb agar loading blog lebih maksimal dan juga saya menyarankan setiap pembuatan artikel jangan terlalu banyak menyertakan gambar agar artikel tersebut tidak lelet saat di buka.

3. Meminimalisir penggunaan script CSS.
Untuk cara mempercepat loading blog hingga 100% kita bisa meminimalisir penggunaan script CSS sehingga kinerja blog dapat berjalan lancar karena pada dasarnya blog yang memiliki fitur yang banyak akan mempengaruhi loading blog tersebut.

Lalu bagaimana kita meminimalisir penggunaan CSS tersebut ?

Untuk cara meminimalis penggunaan script CSS itu ada 2 cara yaitu :

1. Secara manual.
Meminimalisir penggunaan script CSS secara manual dengan cara mengapus script CSS yang tidak terpakai atau tidak berhubungan dengan script html lainnya.

2. Meminimalisir dengan tool.
Untuk yang kedua ini kita bisa menggunakan bantuan tool untuk meminimalisir css, namun cara yang kedua ini bukan menghapus CSS yang tidak terpakai namun merangkum atau memadatkan script CSS yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerja CSS.

4. Mengurangi javascript.
Untuk yang satu ini saya tidak menyarankan untuk kalian yang tidak paham atau masih belajar dalam mengedit tamplate karena menghapus javascript tanpa di dasari pengetahuan akan berdampak buruk pada tamplate kita.

Banyak script javascript dapat memblok kinerja blog kita sehingga blog kita terasa lambat. Pernahkah kalian melihat notifikasi saat mengetes kecepatan loading blog kita terlihat peringatan "meminimalisir penggunaan javascript yang dapat mengblock kinerja website"

5. Mengganti Script Bawaan Tamplate Blog.
Ada beberapa script bawaan blog yang dapat menggangu kinerja blog dan menyebabkan loading blog lambat. biasanya script tersebut terdapat di bawah script </head> dan juga biasanya terdapat pada script css pembuka sepert <b:skin> dan di </body>

Untuk cara mempercepat loading blog kita dapat menghapus atau mengganti script bawaan blog dengan script CSS yang telah di edit agar loading blog dapat berjalan cepat.

Untuk caranya kalian langsung pergi ke menu tamplate/edit html, setelah itu kalain cari script berikut dengan bantuan CTRL+F agar memudahkan pencarian.

Cari script </head> pada tamplate kalian, setalah kalian menemukannya kalian ubah script tersebut dengan script ini &lt;!--</head>--&gt;&lt;/head&gt;

lalu kalian cari script berikut  /*<b:skin><![CDATA[ dan kalian ganti dengan script berikut lalu kalian ganti dengan script berikut &lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;
&lt;!-- /*<b:skin><![CDATA[

Setelah itu kalian cari juga script berikut </body> dan kalian ganti dengan script berikut &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

cara tersebut dapat kalian lakukan untuk mempercepat loading blog hingga 100%.

Itulah cara mempercepat loading blog hingga 100% dijamin ampuh. Perlu di ingat loading blog akan tetap cepat apabila kita pandai dalam merawat blog kita, jadi inti permasalahan tersebut terletak pada keteledoran diri kita sendiri.

Post a Comment for "Cara Mempercepat Loading Blog Hingga 100% Dijamin Ampuh"