Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Contoh Hewan Reptil Beserta Klasifikasinya

Reptil adalah kelompok reptil yang tubuhnya ditutupi oleh sisih, paru-paru menggunakakan sebagai alat bantu pernapasan. Hewan ini biasanya hidup di daerah kering atau lembab. Reptil juga dapat hidup dalam suhu yang sangat ganas atau ekstrim. Contoh seperti reptil yang hidup di padang pasir.

Ciri-ciri Hewan Reptil
  • Kulitnya kering dan tertutup dengan tangan
  • Bagian tulang belakang yang dikembangkan dengan baik yang terbagi menjadi serviks, thorakal, lumbal, sacral, dan ekor.
  • Mengadung air mata di mata untuk membuat mata selalu basah.
  • Gunakan alat bantu pernapasan paru - paru.
  • Jantung ruang dibagi menjadi 4 bagian: 2 teras dan dua ventrikel.
  • Proses pemuliaan terjadi ovipar dan ovovivipar.
  • Sudah banyak yang sudah reptil punah.

Pembagian Orde Dalam Reptil

Orde Chelonia

Chelonia adalah perintah yang memiliki karakteristik sebagai berikut. Dilindungi oleh punggung bagian karapas dan plastron. Rahang tidak ada gigi tetapi dilapisi dengan tanduk substansi, bersama-sama dengan bagian rusuk dari perisai dorsal.
Habitat di daratan, melengkung dan tawat air. Berkembangbiakannya dengan cara ovipar dengan menempatkan telur mereka di lubang yang dibuat oleh hewan betina.
Contoh: myotas Chelonia (kura-kura), Chelydra serpentina (kura-kura air tawar).

Orde Squamata

Orde Squamata dibagi menjadi dua, yaitu:
Subordo Lacertilia
Subordo Lacertilia memiliki fitur karakteristik berikut. Memiliki lidah bercabang, tidak ada kaki dan mereka yang tidak, memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm

Contoh: Hemidactylus turcicus (Gecko), Lacerta sp (Lizard), Chameleo bunglon (Chameleon), DRAO sp, Varanus (Komodo).

Subordo Ophidia / Serpentes
Karakteristik dari subordo Ophidia adalah tubuh panjang dan tidak ada kaki, dan bisa memiliki taring, tidak memiliki kelopak mata dan hanya dilindungi oleh membran. Dan lidah yang panjang bercabang. memiliki organ Jacobson di hidung untuk mencium mangsanya. Cara makan hewan-hewan ini menelan bulat - bulat mangsa.

Contoh: Reticulates Python (python), Python molurus, sp Naja (cobra), Natrix sp (ular air), Anaconda sp.

Ordo Crocodilia
Urutan buaya, yaitu urutan yang mengandung hewan hewan seperti buaya dan buaya. Crocodilia memesan Karakteristik adalah kulit tebal dan memiliki tulang rusuk perut. bagian tubuh memajnag dan memiliki rahang dan gigi yang kuat. habitat di air tawar dan laut. Melakukan peternakan di ovipar. 4 buah kaki nomor dan jari - jari-dipaku. Contoh: Crocodylus sp, Alligator sp.

Demikianlah Contoh-contoh binatang reptil beserta klasifikasinya. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Terima kasih atas waktunya untuk membaca artikel ini.

Post a Comment for "Contoh Hewan Reptil Beserta Klasifikasinya"