Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Merawat Ikan Koi Paling Mudah

Ikan koi merupakan jenis ikan yang masuk dalam kategori ikan mas yang memiliki penampilan cukup indah. Karena memiliki bentuk tubuh yang menarik inilah, tak heran jika jenis ikan ini senantiasa dipelihara sebagai hiasan, baik di dalam maupun di luar rumah. Hadirnya ikan koi sebagai hiasan di rumah memang mampu mengubah suasana rumah menjadi lebih nyaman.

Terlebih lagi, banyak yang mempercayai bahwa memelihara ikan koi mampu membawa keberuntungan. Biasanya, ikan koi sendiri dipelihara di dalam aquarium dan ditempatkan di dalam rumah. Selain di aquarium, banyak pula yang melirik kolam rumah untuk memelihara ikan hias ini. Dimana untuk perawatan yang optimal, Anda tentunya perlu mempelajari cara merawat ikan koi yang benar.

Cara memelihara ikan koi di kolam rupanya sangat mudah namun Anda perlu mempersiapkan beberapa keperluannya dengan tepat. Cara merawat ikan koi di kolam terbuka yang pertama ialah memilih koi yang sehat. Hal ini menjadi cara yang paling utama untuk membuat cara merawat ikan koi Anda berhasil.

Untuk memperoleh ikan koi yang sehat dan berkualitas tinggi, sebaiknya Anda memilih toko ikan yang memiliki reputasi baik. Hal ini bukan tanpa alasan, permintaan pasar yang cukup besar senantiasa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menjual ikan koi dengan kualitas yang murahan. Ketika membeli ikan koi ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya :

Ikan koi yang memiliki kualitas baik dan memiliki keadaan normal biasanya memiliki tanda-tanda yang seimbang. Contohnya warna putih bagi mulut dan ekor yang diikuti oleh pola warna dengan warna yang cenderung berbeda di bagian tubuhnya.

Pemilihan warna yang baik
Ikan koi yang baik juga dapat ditandai dengan warna yang baik. Warna ikan koi yang baik ialah hanya terdapat satu warna di tiap-tiap pola warna. Contohnya saja ketika ikan koi tersebut memiliki warna putih, maka pola yang dimiliki oleh tubuhnya harus murni berwarna orange tanpa ada campuran warna lainnya. Begitu pula ketika ikan iki memiliki warna putih, maka pola warna yang disuguhkannya ialah hanya putih tanpa ada gradasi hitam atau warna lainnya.

Perhatikan bentuk tubuh ikan koi
Tidak hanya itu, sebelum membeli ikan koi, sebaiknya Anda memperhatikan bentuk tubuh ikan tersebut. Ikan koi yang berkualitas baik dan sempurna jika bagian tubuhnya cenderung lengkap, dimana hal ini dapat dilihat ketika berenang. Contoh mudahnya, ketika sirip dari ikan koi tersebut cacat, maka ikan tersebut dikatakan tidak sempurna, bahkan para pecinta ikan yang menganggap ikan koi ini berkualitas jelek.

Namun jika Anda menjumpai ikan koi yang memiliki perut besar, sebaiknya Anda menghilangkan pikiran bahwa ikan tersebut tidak normal. Pasalnya, perut membesar biasanya dialami oleh ikan koi betina yang menandakan bahwa ikan tersebut tengah mengandung telur-telur perkawinannya.

Pada dasarnya, bentuk tubuh ideal dari ikan koi terbagi menjadi beberapa hal yang perlu diperhatikan secara detail. Bentuk tubuh ikan koi yang ideal adalah sebagai berikut :

Bentuk kepala yang sempurna
bentuk kepala ikan koi yang berkualitas baik ialah yang memiliki bentuk wajar dan normal, dimana bagian hidung dan mulutnya tidak terlalu tersembunyi dan tidak terlalu menonjol ke depan. Bentuk kepala yang tepat biasanya akan nampak sangat ideal dengan mata, mulut dan rahangnya.

Sirip ikan yang tumbuh sempurna
Sirip ikan yang tumbuh sempurna memang tampak sangat indah dan mampu menyejukkan mata. Dimana sirip utama dari ikan koi tersebut ialah di bagian dada. Biasanya, sirip ikan koi yang berukuran kecil diakibatkan karena kurangnya asupan makan. Untuk memeliharanya di rumah, sebaiknya Anda memilih sirip ikan yang ideal.

Garis punggung lurus dan melengkung
Jika Anda memperhatikan ikan koi secara detail dari bagian atas, Anda tentu menjumpai garis punggung dari ikan koi yang lurus dan melengkung ketika punggungnya bergerak. Hal ini merupakan jenis ikan koi yang normal. Ketika dilihat dari samping, garis atas dan bawah tubuh ikan ini akan membentuk suatu lengkungan yang dapat dikatakan wajar. Namun, jika Anda menjumpai ikan koi dengan lengkungan garis yang terlalu tinggi, sebaiknya tidak memilih ikan tersebut untuk dipelihara di rumah.

Cara merawat ikan koi selanjutnya ialah mempersiapkan kolam ikan koi. Jika Anda membuat kolam dengan menggunakan semen, hindarilah memasukkan ikan koi yang baru dibeli langsung ke dalam kolam. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat kolam yang terbuat dari semen yang masih baru biasanya menyuguhkan bau yang cukup menyengat dan tidak cocok untuk ikan koi. Untuk mengatasi hal ini, disarankan memanfaatkan pelepah pisang untuk meredakan bau semen dengan cepat.

Ukuran kolam ikan koi yang ideal minimalnya adalah 1,5 meter x 2 meter dengan kedalaman antara 50 hingga 80 cm. Kolam ikan yang terlalu dangkal sangat tidak disarankan karena ditakutkan badan ikan koi akan bersinggungan dengan terik matahari secara langsung. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat seringnya terkena sinar matahari akan membuat kecantikan tubuh dan warna ikan koi memudar.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mempertimbangkan jarak air ke bibir kolam. Kolam ikan koi yang ideal memiliki jarak minimal 25 cm. Hal ini bertujuan untuk menghalangi lompatnya ikan peliharaan ini lompat ke daratang. Pipa juga perlu dipasangkan di bagian atas kolam untuk menyalurkan air bersih.

Selain itu, cara merawat ikan koi yang perlu Anda perhatikan selanjutnya ialah cara memberi makan ikan koi. Makanan memiliki peran penting dalam tumbuh kembang dari ikan tersebut. Dimana makanan yang berkualitas akan membuat ikan hias Anda tumbuh sehat dan cepat besar. Makanan terbaik untuk ikan koi memang cenderung mahal karena diimpor langsung dari negara Jepang, yakni sekitar Rp 150 ribuan.

Namun tidak melulu makanan tersebut, Anda juga dapat memberikan makanan kepada ikan koi dengan sayur-sayuran atau hewan-hewan kecil yang terdapat di sekeliling Anda, contohnya kubis, sawi, semangka, salmon, cacing rambut, cacing darah dan udang-udangan. Berbagai makanan ini pada dasarnya memiliki kandungan zat karoten yang berkemampuan untuk merangsang munculnya warna terbaik pada ikan koi.

Selain itu, jaga kualitas air juga menjadi hal yang penting dalam cara merawat ikan koi. Dalam hal ini, Anda harus senantiasa memperhatikan suhu dan tingkat kekeruhan air yang terdapat pada kolam. Meskipun telah menggunakan filter, namun hal ini tidak menjamin air akan terus jernih.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penggantian 10% air dalam kolam satu minggu sekali. Hindari mengganti air di kolam ikan koi 100% karena ditakutkan ikan akan kembali membutuhkan waktu adaptasi untuk menyesuaikan tubuhnya dengan air tersebut. Pasalnya, adaptasi ini sangat berisiko membuat ikan koi menjadi stres.

Post a Comment for "Cara Merawat Ikan Koi Paling Mudah"